Wabup Iyos -kontes Hayam Pelung Melestarikan Seni Budaya-

Wabup Iyos -kontes Hayam Pelung Melestarikan Seni Budaya-

Caringin,transmetro.id – Minggu, 25 September 2022, sbr/infkbsm

SUKABUMI,Ratusan ayam pelung unjuk suara di Lapang/Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 25 September 2022. Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri ini, dalam rangka HUT ke 152 kabupaten terluas ke dua se Jawa- Bali.

Kontes tersebut, diawali dengan penampilan pencak silat dan rampak pareret. Kegiatan dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh H. Iyos.

H. Iyos mengatakan, kontes tersebut tidak sekadar memberikan kebahagiaan, kegembiraan, dan kesenangan bagi masyarakat. Namun, sebagai ajang mempertahankan dan melestarikan seni budaya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Melalaui HiPPAPI dan HPDKI, kita bisa terus melestarikan seni budaya,” ujarnya.

Baca Juga  Paripurna DPRD Kab.Sukabumi Ke 33 Pengelolaan Perikanan dan Pelaksanaan Tugas Alat Kelengkapan Tahun 2022.

H. Iyos pun berkeinginan kegiatan berbasis seni-budaya bisa lebih dikembangkan. Terutama, melalaui event yang lebih besar lagi.

“Ketika dibuat event yang lebih besar, bisa menimbulkan multiplier efect. Jadi, dinas-dinas harus mendukung kegiatan semacam ini,” ucapnya.

Dirinya pun berhatap, berbagai potensi seni-budaya bisa semakin berkembang. Hal itu dapat diwujudkan melalui event-event besar.

“Ketika menjadi besar, event kesenian dan budyaa ini bisa dijadikan destinasi wisata yang dapat mengundang wisatawan dari luar,” ungkapnya.

Di dalam kegiatan tersebut, diserahkan juga piagam penghargaan atas partisipasi perayaan HUT ke 152 Kabupaten Sukabumi. Proses penyerahan dilakukan oleh H. Iyos kepada panitia kontes ayam pelung dan Kecamatan Caringin.

Baca Juga  Menyambut Malam Nuzulul Qur'an, Baldatun Center Gelar 4 Program kegiatan

Red

Editor: Frans Hp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *