Bupati Sukabumi dan Forkopimda Gelar Penelusuran Sungai Cimandiri untuk Identifikasi Penyebab Timbunan Sampah di Pantai Cibutun

Bupati Sukabumi dan Forkopimda Gelar Penelusuran Sungai Cimandiri untuk Identifikasi Penyebab Timbunan Sampah di Pantai Cibutun

Simpenan, transmetro.id, 7 Oktober 2023, Laporan:sbr/inf/kbsm.

SUKABUMI -Bupati Sukabumi H Marwan Hamami bersama unsur Forkopimda menyusuri aliran sungai Cimandiri sepanjang 6 kilometer, mulai dari muara Cimandiri, muara Cikopeng, sampai Tegal Cibuntu, Sabtu (7/10/2023). Penelusuran sungai tersebut untuk memastikan penyebab terjadinya timbunan sampah di Pantai Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan.

Penyusuran sungai tersebut Bupati Sukabumi didampingi Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Kapolres Sukabumi, Bagian Sumber Daya Alam Setda, Dinas Perikanan serta instansi lainnya dengan menggunakan perahu karet.

Bupati Sukabumi H Marwan menyatakan, hasil penelusuran sepanjang aliran sungai Cimandiri tidak ditemukan tumpukan sampah jenis kain sisa potongan garmen (Pabrik), hanya saja ditemukan beberapa lokasi pembuangan tempat sampah rumah tangga.

Baca Juga  Tolak Kenaikan Harga BBM, Puluhan Pemuda Mateng Gelar Aksi di Depan Kantor DPRD

“Hasil penelusuran di sungai Cimandiri hanya ditemukan sampah-sampah yang notabene sampah rumah tangga, bukan sampah pabrik” terangnya.

Adapun kondisi Pantai Cibutun yang didominasi material sampah jenis potongan kain pabrik, Bupati menduga adanya pembuangan sampah jenis tersebut ke laut yang terbawa arus dan bermuara di pantai Cibutun.

“Langkah kita mengonsolidasikan seluruh stakeholder untuk bersama-sama mencermati kawasan pantai sepanjang 117 kilometer, terutama peran masyarakat nelayan,” jelasnya.

Bupati pun meminta kepada masyarakat nelayan untuk melaporkan kepada aparat setempat jika ditemukan oknum pembuangan sampah yang tidak biasa kalaut, agar segera dilakukan penindakan.

“Mudah-mudahan ini jadi pembelajaran bagi semua untuk mengawasi lingkungan yang lebih baik,” tandasnya.

Baca Juga  Achmad Fahmi Membuka Kejuaraan Bulutangkis Antar SKPD Dan Veteran Di piala Wali Kota Cup

Sementara itu, Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede mengatakan, pihaknya tengah mendalami penyebab terjadinya timbunan sampah yang didominasi oleh sampah kain di Pantai Cibutun.

“Pengecekan yang dilakukan hari ini menjadi bahan kami untuk melakukan langkah berikutnya untuk dilakukan investigasi,” singkatnya.

Red/SNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *