Bupati Tekankan Pentingnya Menjaga Keutuhan Negara dan Pancasila sebagai Falsafah Bangsa pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Tekankan Pentingnya Menjaga Keutuhan Negara dan Pancasila sebagai Falsafah Bangsa pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Palabuhanratu, transmetro.id, 1 Oktober 2023, Laporan:sbr/inf/kbsm.

SUKABUMI -Bupati Sukabumi H Marwan Hamami bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2023, di Alun-alun Palabuhanratu. Minggu (1/10/2023). Upacara diikuti unsur forkopimda, forkopimcam, lembaga pendidikan dan lainnya.

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, mengatakan, pentingnya menjaga keutuhan negara dan pancasila sebagai idelogi bangsa. Sebab, pancasila adalah falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

“Kita harus bisa memberikan satu keyakinan bahwa satu-satunya ideologi negara adalah Pancasila, maka peringatan ini untuk dijadikan momentum untuk meningkat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari,” jelasnya

Baca Juga  Warga Jangan Lupa! Inilah 9 Wakil Rakyat Dapil II Kabupaten Sukabumi

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dimaknai bersama imbuh H Marwan, khususnya bagi generasi muda agar tidak terpengaruh oleh arus zaman sehingga melupakan nilai dan norma Pancasila sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita bersama-sama untuk mengevaluasi agar generasi bangsa tidak terbawa arus dan pemahaman-pemahaman lainnya,” tegasnya.

Dengan demikian, pelaksanaan pendidikan dituntut untuk bekerja lebih optimal dalam menumbuhkan rasa cinta Pancasila terjaga generasi muda, sehingga akan timbul jati diri yang berkeinginan kuat untuk kelak memajukan Indonesia.

“Lembaga-lembaga pendidikan untuk memberikan ruang pencerahan kepada generasi muda mengenai kondisi bangsa, sebab pemahaman Pancasila ini mesti ditanamkan sejak dini kepada generasi bangsa,” tandasnya.

Bupati berharap, generasi muda di Kab. Sukabumi agar selalu membangun kemampuan diri secara maksimal agar penguatan pembangunan di daerah bisa semakin baik menuju Indonesia Maju.

Baca Juga  Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Luncurkan Program Dokter Masuk Kampung dan Bina Keluarga Balita Holistik Integratif

Red/SNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *