Gemapatas, Wabup Berharap Masyarakat Miliki Sertifikat Sesuai Batas Yang Ditetapkan

Gemapatas, Wabup Berharap Masyarakat Miliki Sertifikat Sesuai Batas Yang Ditetapkan

Cibadak, Transmetro, Jum’at, 03 Februari 2023, Sbr:/Inf/kab/smi

SUKABUMI,-Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengikuti acara Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda batas tanah (GEMAPATAS), serentak diseluruh Indonesia yang dilaksanakan secara virtual. Hal tersebut berlangsung di Kantor Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak , Jumat (03/02/2023).

Sebagai upaya mengakselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mencanangkan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas sebanyak 1 juta patok batas bidang tanah yang akan dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia dan pelaksanaannya berpusat di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi B Wijanarko mengatakan melalui kegiatan ini ditekankan pentingnya menentukan batas batas tanah bagi masyarakat.

Baca Juga  Walau Terhalang Cuaca, Prabowo Tetap Hadir Secara Virtual

“kewajiban pemilik tanah dan pemegang akses tanah adalah untuk menjaga tanda batas di dalam bidang tanahnya Maka dari itu kita semua harus memberikan dukungan terkait pentingnya tanda batas baik milik masyarakat maupun tanah yang dimiliki oleh instansi” terangnya.

Ditempat yang sama, Wabup juga mengatakan pemasangan tanda batas tanah masyarakat di Desa Sekarwangi hal itu sesuai arahan Kepala Kantor ATR BPN.

“Desa Sekarwangi ini termasuk salah satu lokasi PTSL, dimana untuk Kabupaten Sukabumi ada 3 kecamatan yaitu Cicurug, Cibadak dan Cikembar yang masuk program PTSL tahun ini .” Tegas Wabup.

Wabup berharap dari 16 desa di 3 Kecamatan tersebut masyarakatnya bisa memiliki sertifikat sesuai batas-batas yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Tingkatkan Kapasitas dan Wawasan Legislator, DPRD Kab.Sukabumi Bimtek

“Melalui kegiatan ini kita berharap semua pihak ikut membantu agar bisa berjalan cepat, baik dan benar serta bisa bermanfaat bagi masyarakat sehingga hak miliknya menjadi valid dan sah” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penyerahan Sertipikat Program Strategis Nasional PTSL yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Penerima, Penyerahan Sertifikat Milik Pemkab Sukabumi serta Penandatanganan Berita Acara Tanda Tatas.

Red/Linda Herlina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *