Kwh Meter Listrik Puskesmas Cicurug Meledak, Karyawan dan Pasien Lari Berhamburan

KWH Meter Listrik Puskesmas Cicurug Meledak, Karyawan dan Pasien Berhamburan 

Cicurug-transmetro.id- Jumat 31 Maret 2023, Laporan, Linda Herlina 

SUKABUMI,- Telah terjadi bunyi ledakan di Bangunan Puskesmas Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, membuat karyawan dan pasien panik berhamburan lari keluar.

Suara datang dari sebuah KWH meter listrik milik PLN yang hangus terbakar diduga akibat terjadi konsleting listrik,

Seketika itu, Tim Pemadam Kebakaran (Damkar), Posko Wilayah III Cicurug yang tidak jauh dari lokasi, cepat datang melakukan penanggulangan dan evakuasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Jumat (31/03/2023)

“Saya langsung datangi lokasi TKP pasca peristiwa terjadinya kebakaran,  melakukan penanggulangan kebakaran dan evakuasi, Jelas Wakil Komandan Peleton (Wadanton) Posko wilayah III  Cicurug, Dicky Harudin.

Baca Juga  Kapolres Sukabumi Beberkan Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor dalam Konferensi Pers

“Kami setelah mendapat laporan dari pihak Puskesmas Cicurug, bahwa adanya kebakaran, maka dengan cepat kami langsung menuju lokasi TKP yang jaraknya tidak jauh dari lokasi.

“Iya, ini tindakan pertama yang dilakukan karena ini berkaitan dengan listrik, maka kami gunakan penyemprotan awal dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR),”imbuhnya.

Namun sudah beberapa apar digunakan, tetapi api tidak juga bisa dipadamkan karena arus listrik terus menyala akhirnya. akhirnya pemadaman menggunakan penyiraman unit mobil pemadam kebakaran jelasnya.

“Alhamdulillah, sekitar pukul 10.51 WIB, akhirnya api tersebut dapat kami dipadamkan.

Disisi lain, satu karyawan Puskesmas Cicurug, Hardi yang juga selaku therapis gigi mengatakan, “Awalnya ketika saya sedang jaga di poli gigi,

Baca Juga  Pekan Gemar Ikan, Wabup, -Budayakan Mengonsumsi Ikan Biar Cerdas, Kuat dan Sehat

Dan sebelum peristiwa ini terdengar dulu sebuah letusan sehingga lampu dipoli gigi pun turut mati. Yang kemudian saya mengeceknya ternyata melihat para pasien teriak- teriak berlarian keluar,” keluhnya

Saya melihat kobaran api di KWH meter listrik itu menyala dan spontan saja saya  teriak dan bergegas mengevakuasi para pasien dengan menggunakan jalur evakuasi paparnya.

dalam peristiwa ini Alhamdulillah, tidak ada korban, hanya pelayanan Puskesmas sempat terhenti,” pungkasnya.

Sementara itu, Petugas lapangan PLN Cicurug Asep Sutirjo (Ajo) mengatakan, “kejadian konsleting KWH listrik tersebut diduga akibat adanya terminal yang kendor sehingga adanya percikan api yang membakar kabel tersebut

“Kalau dari adanya beban daya yang tidak seimbang mungkin ini sudah cukup kapasitasnya, hanya mungkin ada yang kendor dari sambungan atau terminalnya,”ujarnya.

Baca Juga  Tedi Setiadi Ketua Marcab LMPI Selalu Ada dan Siap Membantu

Tambahnya, untuk sementara menunggu perbaikan dari pihak PLN maka pihak Puskesmas Cicurug menggunakan Genset untuk menyalakan listrik gedung Puskesmas Cicurug.

“iya, sambil menunggu perbaikan kita gunakan genset terlebih dahulu,” pungkasnya.

Red/Frans Hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *