Sarasehan Inohong Jawa Barat Digelar 28 Juli 2024 Mendatang

Sarasehan Inohong Jawa Barat Digelar 28 Juli 2024 Mendatang

Caption Istimewa Suryadi

JABAR – Aglormerasi Daerah menjadi isu strategis di Jawa Barat, pasalnya beberapa wilayah sudah masuk dalam perencanaan pengelolaan beberapa daerah kota dan kabupaten.

Bahkan pemerintah Indonesia telah meluncurkan program Aglomerasi untuk mempercepat pembangunan ekonomi di berbagai wilayah di Indonesia. Jawa Barat, sebagai salah satu provinsi dengan potensi ekonomi terbesar di Indonesia, menjadi salah satu fokus utama program ini.

Selain itu, kawasan Jakarta akan dibentuk sebagai kawasan Aglomerasi usai Ibu Kota Negara resmi pindah ke Kalimantan. Hal tersebut sebagaimana termuat dalam draft Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ).

Baca Juga  Rapat Paripurna XI DPRD Kabupaten Sukabumi Tahun 2024, Bahas 3 Hal

Program aglomerasi bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi ekonomi melalui pengembangan kawasan metropolitan dan koridor ekonomi strategis. Hal ini akan dilakukan dengan mengintegrasikan infrastruktur, layanan publik, dan kebijakan ekonomi di wilayah-wilayah yang berdekatan.

Melihat kondisi tersebut, Gerakan Pemuda Islam Kabupaten Bogor (GPI) akan menggelar Sarasehan Inohong Jawa Barat dengan tema “Aglormerasi Daerah”.

Diketahui acara tersebut merupakan pertemuan dari beberapa Kabupaten Kota penyangga Jakarta, antara lain Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Cianjur dan sekitarnya. Ada pun yang akan datang mulai dari tokoh-tokoh di Jawabarat. Tamu yang hadir merupakan perwakilan yang terdiri dari unsur forkopinda daerah tersebut.

Dikonfirmasi awak media Ucu Permana selaku sekretaris kegiatan yang juga Kader GPI (Gerakan Pemuda Islam) kabupaten Bogor mengatakan, bahwa acara ini sangat penting karena membahas tentang Algorimasi Daerah penyangga yang ada di Jawabarat.

Baca Juga  Paripurna, Bupati Sukabumi "Keberadaan Bapperida Penting Bagi Kemajuan Riset Menjawab Dinamika Zaman

“Jawa Barat sebagai salah satu provinsi dengan potensi ekonomi terbesar di Indonesia, sehingga menjadi salah satu fokus utama program ini,” katanya.

“Program Aglomerasi bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi ekonomi melalui pengembangan kawasan metropolitan dan koridor ekonomi strategis terutama di Jawabarat,” terangnya.

Selain itu, Ucu juga berharap agar acara ini bisa berjalan sukses dan lancar pada pelaksanaanya nanti.

Laporan Suryadi

Red/ Frans Hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *