Upacara Hari Kesaktian Pancasila Kab.Sukabumi- Kita Bangkit Bergerak Bersama

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kab. Sukabumi -bangkit Bergerak Bersama Pancasila

Palabuhanratu,-transmetro.id, Sabtu, 01 October 2022, Laporan, inf/kbsm.

SUKABUMI,-Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kab. Sukabumi, di Lapangan Alun-Alun Palabuhanratu. Sabtu 1 Oktober 2022. Upacara peringatan tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri dengan mengusung tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan ini tidak luput dari peristiwa G30S PKI yang mengakibatkan gugurnya 6 jenderal dan 1 perwira pertama TNI AD dipergantian malam 30 September ke 1 Oktober 1965 kala itu.

Komandan Upacara Kapten Arm. Suhermanto dari Kodim 0622, Pasukan upacara terdiri dari, Kodim 0622, Yonif 310, Yon Armed 13 Nanggala, Satradar 216 Cibalingbing, Polres Sukabumi, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam, Kebakaran dan Penyelamatan, Korpri, PGRI dan OKP.

Baca Juga  Gemapatas, Wabup Berharap Masyarakat Miliki Sertifikat Sesuai Batas Yang Ditetapkan

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan makna dari peringatan hari kesaktian pancasila ini untuk mengenang kehebatan pancasila pada tragedi pemberontakan PKI dan juga untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa tersebut. “Dengan peringatan ini masyarakat terutama generasi milenial harus faham bagaimana sejarah kelam bangsa Indonesia ketika ada gerakan 30 September itu” Ujarnya.

Tambah Wabup, Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini harus dijadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Hari kesaktian pancasila ini harus terus ditegak laksanakan dalam konteks implementasib nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” Tandasnya.

Pada kesempatan tersebut BAZNAS Kab. Sukabumi memberikan bantuan untuk para peserta lomba musabaqoh syarhil quran, Berupa uang Pembinaan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan agar kegiatan seperti ini terus digencarkan oleh majelis-majelis lainnya dalam rangka siar islam dan mewujudkan visi kabupaten sukabumi yaitu terwujudnya kabupaten sukabumi yang religius, maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin.

Baca Juga  Wabup, Buka Festival Durian, Ratusan Masyarakat Sukabumi Sambut Antusias

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *