Pemekaran 3 Provinsi Baru di Jawa Barat, Nomer Satu Paling Ideal untuk Segera Dibentuk DOB 

Caption, Peta Jawa Barat  : id.scridb.com gambar ilustrasi

Transmetro.id, Minggu, 30 Juni 2024, Sumber : garut.pikiran-rakyat.com

NASIONAL – Provinsi Jawa Barat, atau Jabar, dikenal sebagai provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Dengan populasi lebih dari 50 juta jiwa yang tersebar di 27 wilayah, terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota, Jawa Barat menghadapi tantangan besar dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakatnya.

Oleh karena itu, rencana pemekaran provinsi ini kembali mencuat sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memajukan daerah. Setidaknya ada 3 wacana pemekaran provinsi baru di Jawa Barat, nomer satu paling idel untuk segera dibentuk Daerah Otonomi Baru (DOB).

Pemekaran Provinsi Jawa Barat ini melibatkan pembentukan tiga provinsi baru yang diharapkan dapat memberikan fokus lebih baik dalam pengelolaan wilayah dan pelayanan masyarakat. Berikut adalah rincian usulan tersebut:

1. Provinsi Bogor Raya: Mewujudkan Otonomi Baru yang Dinamis 

Wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya menjadi sorotan utama. Provinsi ini direncanakan akan memiliki ibu kota di Kabupaten Bogor. Awalnya, delapan kabupaten dan kota diusulkan untuk bergabung, namun seiring perkembangan, hanya lima yang akan tergabung, yaitu :

Baca Juga  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali, Sikapi Keluhan Warga Soal Sampah 

Kota Bogor 

– Kabupaten Bogor 

– Kabupaten Sukabumi 

– Kota Sukabumi 

– Kota Depok Meski memenuhi syarat 

Pembentukan provinsi baru, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi juga memiliki rencana pemekaran masing-masing. Kabupaten Bogor akan membentuk tiga kabupaten DOB: Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur, dan Kabupaten Bogor Selatan. Sementara itu, Kabupaten Sukabumi akan membentuk dua kabupaten DOB: Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Jampang. Dengan tambahan lima kabupaten baru ini, Provinsi Bogor Raya akan memiliki total 10 kabupaten dan kota.

Meski memenuhi syarat pembentukan provinsi baru, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi juga memiliki rencana pemekaran masing-masing. Kabupaten Bogor akan membentuk tiga kabupaten DOB: Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur, dan Kabupaten Bogor Selatan. Sementara itu, Kabupaten Sukabumi akan membentuk dua kabupaten DOB: Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Jampang. Dengan tambahan lima kabupaten baru ini, Provinsi Bogor Raya akan memiliki total 10 kabupaten dan kota.

2. Provinsi Cirebon: Mengukuhkan Kemandirian Wilayah Baru

Usulan kedua dalam pemekaran Provinsi Jawa Barat adalah pembentukan Provinsi Cirebon. Lima kabupaten dan kota siap bergabung dalam entitas baru ini dengan rencana ibu kota di Kabupaten Cirebon. Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu juga memiliki rencana pemekaran masing-masing. Kabupaten Cirebon akan membentuk Kabupaten Cirebon Timur, sementara Kabupaten Indramayu akan membentuk Kabupaten Indramayu Barat. Dengan penambahan dua kabupaten baru ini, Provinsi Cirebon akan memiliki total tujuh kabupaten dan kota.

Baca Juga  Truk Besar Bandel Melintas di Jalur Mudik, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi: Seharusnya Dilarang

3. Provinsi Pakuan Bagasasi: Sejarah dan Identitas dalam Pembentukan Wilayah Baru 

Provinsi Pakuan Bagasasi muncul sebagai usulan terakhir dalam pemekaran Provinsi Jawa Barat. Awalnya, usulan ini tergabung dalam Provinsi Bogor Raya, namun kemudian dipisahkan dengan lima kabupaten dan kota yang siap bergabung. Provinsi Pakuan Bagasasi memiliki rencana ibu kota di Kota Bekasi. Kelima entitas tersebut adalah:

– Kota Bekasi 

– Kabupaten Bekasi 

– Kabupaten Karawang 

– Kabupaten Purwakarta 

– Kabupaten Cianjur 

Pemekaran juga akan terjadi di Kabupaten Cianjur dengan pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas. Pemekaran Kabupaten Bekasi akan melibatkan pembentukan Kabupaten Bekasi Utara, sementara Kabupaten Karawang akan membentuk Kota Cikampek. Dengan tambahan empat kabupaten dan kota baru, Provinsi Pakuan Bagasasi akan memiliki total 9 kabupaten dan kota.

Baca Juga  Rudy Susmanto Berikan Selamat Kepada Seluruh Kades Terpilih Yang Baru Saja Di Lantik Di Gedung Tegar Beriman

Selain tiga usulan provinsi di atas, ada satu lagi usulan yang sebenarnya masuk dalam pertimbangan yaitu Provinsi Ciayumajakuning (Cianjur, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan). Namun, rencana ini sulit terealisasi karena kabupaten yang seharusnya tergabung sudah menunjukkan niat bergabung dengan Provinsi Bogor Raya dan Provinsi Pakuan Bagasasi.

Dengan usulan-usulan tersebut, Provinsi Jawa Barat bersiap memasuki era baru dengan pembentukan tiga provinsi baru. Proses pemekaran ini tidak hanya menciptakan entitas baru tetapi juga membawa tantangan dan harapan baru bagi masyarakat Jawa Barat.  garut.pikiran-rakyat.com Transformasi wilayah ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik, memajukan ekonomi daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemekaran ini merupakan langkah strategis untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Dengan adanya provinsi-provinsi baru ini, diharapkan Jawa Barat dapat mengelola wilayahnya dengan lebih baik, memberikan pelayanan yang lebih optimal, serta membuka peluang-peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan sosial di masa depan.***

Editor Frans Hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *